PKTD Mekar Jaya, Lakukan Pemeliharaan Balai dan Kantor Desa.

MUBA, Jirak Jaya, –  Sesuai dengan arahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar agar dana desa yang masih ada digunakan untuk program padat karya tunai desa (PKTD).
Pemanfaatan sisa dana desa untuk PKTD ini diharapkan bisa menggerakkan ekonomi desa sekaligus mengurangi angka pengangguran di desa.
Perbaikan kantor desa
“PKTD fokus pada satuan kegiatan yang tidak terlalu membutuhkan skill. Karena pada hakikatnya padat karya tunai desa adalah bentuk jaring pengaman sosial yang lebih gentle dibanding dengan bantuan langsung tunai (BLT). Dengan kata yang lebih mudah dipahami, PKTD adalah BLT yang dikemas sedemikian rupa dalam bentuk kerja-kerja konkret,” ungkapnya.
Seperti halnya yang  dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Mekar Jaya  kecamatan Jirak Jaya, kabupaten Musi Banyuasin, dengan melibatkan warga yang melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yakni melakukan pemeliharaan, kegiatan Pembersihan dan pengecatan gedung balai desa dan kantor desa.
” Adapun kegiatan yang kita laksanakan ini bersumber dari ADDK Tahun 2020, yang menyasar pemeliharaan balai dan kantor desa” Kata Herman kepala Desa Mekar Jaya, Selasa (22/12/2020).
Perbaikan pemeliharaan balai desa
Diharapkan dengan jalannya Program ini dapat menjadi motivasi dan semangat bagi perangkat desa dalam memberikan pelayaan.
” Semangat dan peduli akan kemajuan desa adalah salah satu harapan yang dipetik dalam kegiatan padat karya desa ini. Selain membuat tatanan desa Rapi, ini juga wujud silahturahmi antar warga,” pungkas Herman ( Iwan/ ADV )

Categories: Advertorial,Potret