Jam (Aktif) With JavaScript

Pemdes Layan Gotong Royong Buat Lahan Toga

MUBA, Jirak Jaya – Senin (06/09/2021). Pemerintahan Desa ( Pemdes ) Layan Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin bergotong royong membuat lahan Tanaman Obat Keluarga ( Toga ) di halaman kantor desa Layan.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09,00 hingga 11.30 Wita. Sekalipun cuaca mendung disertai gerimis, masyarakat tetap melaksanakan kegiatan ini, kekompakan perangkat desa dan masyarakat sangat terlihat jelas.

PJ Kepala Desa Layan Muhamad Kamel S.K.M mengatakan, kegiatan gotong royong perangkat desa ini untuk membuat TOGA di pekarangan belakang kantor desa yang kosong, selain ditanami juga dibuatkan pagar untuk memperindah.

Adapun tujuan dari dibudidayakannya toga ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap segala macam obat-obatan dengan cara memanfaatkan tanaman sebagai obat alternatif.

“Setidaknya dengan aktivitas seperti ini perangkat desa dan mayarakat tetap menjaga kekompakan, selain itu juga dapat mengurangi mengkonsumsi obat-obatan yang berbahan kimia,” tandasnya. ( Iwan Taruna )

Categories: Potret