Pemdes Layan Bersihkan Akses Jalan Menuju Embung.

MUBA, Jirak Jaya – Pentingnya keberadaan embung di desa sebagai cadangan air bersih di saat musim kemarau, tentunya tak lepas dari kiat pemeliharaan yang harus dilakukan oleh pemerintahan desa ( Pemdes ) agar saat musim kemarau keberadaan embung di desa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti halnya yang dilakukan pemerintahan desa Layan Kecamatan Jirak Jaya.

Kepala Desa Layan Suhar saat di bincangi wartawan Ekspost. Com mengatakan kalau keberadaan embung di desanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama saat musim kemarau sebagai cadangan air bersih bagi masyarakat desanya,” Oleh sebab itu kita melakukan pemeliharaan mulai dari akses jalan kita bersihkan sehingga jalan jadi bersih tidak semak belukar,”Ucap Kades

Warga bersihkan akses jalan menuju embung

Selain akses jalan, pinggiran embung yang di tumbuhi oleh rumput dan tanaman liar kita bersihkan juga, sehingga embung menjadi bersih dan jernih.
“Pembersihan akses jalan dan sekeliling embung tentunya sebagai upaya pemeliharaan selain jalannya bersih keberadaan air di embung juga lebih jernih,”Ungkap Kades

Ditambahkannya kegiatan pemeliharaan embung desa ini masuk dalam kegiatan Padat Karya Tunai Desa ( PKTD ) sesuai musyawarah desa, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat, unsur BPD, LPM dan perangkat desa.
“Kegiatan ini selain membuat embung jadi bersih kegiatan ini juga tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat desa terutama saat kondisi pandemi covid -19 masyarakat sangat terbantukan,” Beber Kades

Sehingga masyarakat sangat berharap agar kiranya kegiatan PKTD kedepannya dapat berjalan secara rutin karena dapat membantu petekonomian.
“Kita akan upayakan terus kegiatan PKTD ini dapat menjadi kegiatan rutin karena manfaatnya sudah di rasakan oleh masyarakat karena kondisi ekonomi masyarakat saat ini sedang terpuruk,” Tutupnya ( Iwan )

Categories: Potret