Padat Karya Tunai Desa Sukalali Lakukan Pembersihan Saluran Parit Cegah Banjir

MUBA, Sungai Keruh – Demi mencegah terjadinya genangan air juga banjir pada musim penghujan ini, pemerintah desa Sukalali Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin mulai fokus pada pembersihan saluran parit kanan kiri jalan desa, di perkirakan sepanjang 3000 meter, melalui program Padat Karya Tunai Desa (PKTD)
Kepala Desa Sukalali Heri Yunani  Kamal pada Jumat ( 18/12/2020 ) kepada media On Line Ekspost.com melalui telepon selulernya, mengatakan program PKTD bertujuan untuk memberikan pekerjaan kepada masyarakat yang terdampak wabah corona virus desease (Covid-19) lima bulan terakhir.
“Sebagaimana yang kita rasakan dalam beberapa bulan ini, kendati wabah Covid-19 tak menjangkau daerah kita, namun dampak perekonomian masyarakat sangat merosot sekali pendapatannya, bahkan ada yang sama sekali hilang tak bekerja”,ujar Heri
Apalagi, kata Heri, merujuk peraturan pemerintah, demi mencegah dan memutus mata rantai Covid-19, masyarakat diharapkan lebih baik berdiam diri dirumah.
Warga desa membersihkan kotoran parit
Jadi dengan adanya dicanangkan program padat karya tunai sumber dana desa, masyarakat yang perekonomiannya lesu bisa bekerja, Alhamdulillah upahnya dapat kita bayarkan perhari guna menopang kebutuhan keluarga.
Dikatakan Heri  kegiatan padat karya tunai dalam bentuk normalisasi saluran atau parit yang bukan sekedar melakukan syarat program, tapi azas manfaatnya saluran yang terhambat sampah dan tanaman liar, kembali normal.
“Dengan kegiatan normalisasi secara bersama-sama jalan lintas menuju desa kita jauh dari genangan banjir, karena rawan akan banjir bila diguyur hujan beberapa jam saja,” ungkapnya.
Masyarakat antusias dengan adanya kegiatan ini sehungga cukup banyak warga yang ikut bekerja . Kegiatan ini ditargetkan selesai dalam empat hingga lima hari kedepan” Adanya kegiatan PKTD ini bukan hanya lingkungan bersih namun perekonomian masyarakat dapat terbantukan,”Pungkasnya ( Iwan/ADV)

Categories: Advertorial,Potret