Jam (Aktif) With JavaScript

Jelang Lebaran, Waspadai Makanan Berbahaya

MUBA, Jirak Jaya – Tim Pemantau Keadaan Pangan Kecamatan Jirak Jaya melakukan pemeriksaan keamanan pangan berkaitan jelang Lebaran 2021 saat pandemi Corona. Pemeriksaan pangan tersebut dilakukan untuk memastikan tak adanya zat kimia berbahaya dari makanan atau jajanan yang dijual di pasar.

Tim Pemantau Keadaan Pangan Kecamatan Jirak jaya terdiri dari Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra S.E M.Si, Anggota Polsek Sungai Keruh, Anggota Koramil 401-03 Sekayu, Puskesmas Jirak, Pemerintahan Desa Jirak dan Anggota Sat Pol PP.
Adapun Tujuan Kegiatan Pengawasan ini melakukan uji sampel terhadap 9 Pedangang.( Asal pedagang dari Jirak, pendopo dan Prabumulih ) dengan sampel 15 jenis makanan diantaranya ( tahu, tahu kuning, mie kuning, sagu dsb ).
“Kita lakukan pengawasan ini terutama di bulan ramadhan dan menjelang lebaran. Kita ingin memastikan makanan yang dijual bebas di pasar bebas zat kimia berbahaya, seperti formalin, Borak dan Rodamin,” kata Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra SE. M.Si di Pasar Tradisional Jirak Jaya Senin (26/4/2021 ).

Dilanjutkan Camat dari hasil pemantauan ddipasar terdapat makanan yang mengandung formalin dan boraks yaitu mie kuning / basah yang berasal dari prabumulih.
Jika pedagang yang kedapatan mengedarkan makanan yang mengandung Formalin, Borak dan Rodamin, didata oleh tim pemantau keadaan pangan kecamatan Jirak jaya dan makanan tersebut disita untuk di musnahkan dan bila kedalam lagi menjual produk sejenis saat pemeriksaan lanjutan akan dikenakan sanksi sesuai dengan Undang Undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.”kita akan terus melakukan pemantauan keadaan pangan terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.untuk memastikan peredaran pangan di kecamatan Jirak jaya aman dari zat berbahaya agar hak masyarakat dalam mendapatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi makanan dapat terjamin”Pungkasnya ( Iwan Taruna )

Categories: Kesehatan