Bupati Muba DRA Raih Penghargaan Perpusnas RI

MUBA, Sekayu,- Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mendapatkan penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI. Penghargaan diberikan karena Bupati Muba dinilai telah memberikan dedikasi dalam membina dan mengembangkan Perpustakaan dan kegemaran membaca di Kabupaten Muba.

Pernghargaan yang diberikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando tersebut merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan Perpusnas terhadap Bupati Muba yang selama ini telah memberikan andil dalam pengembangan perpustakaan di daerah.

Tak kalah pentingnya yaitu bagaimana upaya Pemkab Muba bersama pemerintah kecamatan dan desa dalam meningkatkan literasi dan kegemaran membaca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muna Yohanes Yubhar mengatakan penghargaan yang diterima Bupati Muba tersebut di tandai dengan Perpustakaan Desa Bukit Jaya meraih Terbaik I Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020, Juara I Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 dan Juara 2 Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Tahun 2020

“Kemudian diterimanya Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2020 untuk 4 Perpustakaan Desa, yaitu Perpustakaan Desa Sumber Harum Kecamatan Tungkal Jaya, Perpustakaan Desa Bumi Kencana dan Desa Sri Gunung Kecamatan Sungai Lilin, Perpustakaan Desa Seratus Lapan Kecamatan Babat Supat. Bantuan yang diberikan berupa buku perpustakaan 1000 eksemplar, komputer 3 unit, rak buku 2 unit,” ungkapnya.

Selanjutnya bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi) untuk Perpustakaan Desa Sidorejo Kecamatan Keluang. Bantuan yg diberikan berupa buku, karpet, tv 43 inch, komputer 3 unit, server, tablet samsung 3 unit dan seperangkat interior ruangan

Sementara Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan tahun ini Kabupaten Muba telah menerima sejumlah raihan prestasi. Menurutnya raihan tersebut, merupakan bonus atas kinerja yang ditunjukkan masing-masing perangkat daerah, dalam tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Alhamdulillah kita mendapat penghargaan sebagai bupati, yang terus memberikan dukungan pembangunan literasi dan daya tunjang terhadap sarana dan prasrana perpustakaan,” ucap Bupati Muba.

Dodi juga mengatakan Pemkab Muba akan terus mendorong budaya literasi, semua kalangan termasuk kaum milenial.

“Belajar itu tidak memandang usia. Tentunya dengan meningkatnya kualitas literasi masyarakat, akan menunjang terhadap salah satu misi pembangunan yaitu peningkatan kualitas SDM,” tandasnya.(RH)

Categories: Pemerintahan