Jam (Aktif) With JavaScript

BPD Talang Mandung Gelar Rapat Pembentukan Panitia Pilkades PAW

MUBA, Jirak Jaya — Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Mandung Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, bentuk panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) 2021 di Aula Desa Talang Mandung Jumat (03/9/2021).

Ketua BPD Desa Talang Mandung Firman Arlani mengatakan, musyawarah pembentukan Panitia Pilkades PAW tersebut dihadiri, Penjabat Kepala Desa Talang Mandung, Babinmas dan Babinsa, juga dihadiri Para Ketua RT/RW, tokoh masyarakat serta unsur lainnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut akan menghasilkan susunan kepanitiaan terpilih diantaranya, Ketua Terpilih, Sekretaris, Bendahara, dan anggota. “ Di mana, panitia ini yang akan melakukan penjaringan calon kepala desa dari awal hingga akhir,” jelasnya.

Ditempat yang sama PJ Kades Talang Mandung Yeyet Wiyatna S.Sos M.S.i mengatakan Pilkades PAW sesuai prosedur memang harus secepatnya dilakukan. ” dan ini Salah satu kewajiban saya selaku penjabat sementara yang menduduki kursi Kepala Desa Talang Mandung adalah mensukseskan pelaksanaan Pilkades PAW,” tuturnya.

Ia berharap, panitia yang telah dibentuk dapat bekerja dengan baik jaga kekompakan dan bekerja secara profesional sesuai dengan aturan dan siapapun kepala desa terpilih nanti dapat membawa perubahan lebih baik untuk Desa Talang Mandung. ” Ya, minimal program yang saya gulirkan bisa dilanjutkan dan ditingkatkan. Apalagi, saya yakin masyarakat di desa ini banyak yang memiliki potensi memajukan Desa Talang Mandung ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Dijelaskanya, pembentukan Panitia Pilkades PAW di Desa Talang Mandung merupakan tindaklanjut dari pertemuan bersama narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Musi Banyuasin belum lama ini.

“Berhubung masa jabatan kepala desa definitif yang sebelumnya menjabat lebih dari satu tahun, maka sesuai dengan amanat undang-undang harus melaksanakan Pilkades PAW. Pada pertemuan sebelumnya DPMPD telah mensosialisasikan mekanisme dari pembentukan panitia, penjaringan calon, sampai pada penetapan kepala desa terpilih,” tandasnya.

Ia mengajak, sesuai peraturan yang berlaku meski di masa pandemi Covid-19, mari tempuh tahapan-tahapan Pilkades PAW Desa Talang Mandung dengan aman, tertib serta selalu memperhatikan protokol kesehatan. ” Semoga Pilkades PAW dapat melahirkan Kepala Desa yang mampu melakukan perbaikan, handal dan amanah,” pungkasnya. ( Iwan Taruna )

Categories: Pemerintahan