Jam (Aktif) With JavaScript

Agar Lebih Terarah dan Berkesinambungan Pembangunan Didesa, DPMD Muba Berikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

MUBA, Jirak Jaya – Pelaksanaan Program Dana Desa yang bersumber dari APBN sudah dirasakan oleh masyarakat desa, tidak hanya dalam bentuk kegiatan fisik saja, tapi juga peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya adalah pelatihan peningkatan kapasitas untuk perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ). Pelatihan di laksanakan di SDN 1 Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya Senin ( 13/9/2021) yang merupakan program peningkatan kinerja dan kapasitas aparatur pemerintahan desa.

Kepala Desa Bangkit Jaya Sidik salah satu peserta pelatihan mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar semakin meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, dan aparat-aparat desa dalam proses penyelenggaraan pemerintah Desa dan pelaksanaan pembangunan Desa.

Agar sasaran pembangunan lebih terarah, pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja Aparatur Desa di desa Bangkit Jaya, kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Musi Banyuasin yang selalu memberikan masukan, nasihat dan arahan untuk kemajuan desa kami,” ungkapnya.

Kepala DPMD Kabupaten Muba Rhicard Chahyadi A.P M.S.i yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Kasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Desa Riduan, dalam paparannya mengatakan, tujuan pelaksanaanya adalah agar Aparatur Pemerintah Desa, BPD dan LPM dapat memahami tugas, fungsi, hak, kewenangan dan kewajiban masing- masing lembaga desa tersebut, dalam artian mengerti peran masing masing agar bisa membawa desanya semangkin maju.

“Kades adalah Raja diwilayahnya, jadi Kades harus punya keberanian, dalam membuat terobosan-terobosan agar bisa mendukung Pemerintah dalam segala lini, dan harus ada harmonisasi bersama BPD dan LPM dalam upaya pelaksanaan pembangunan desa untuk mencapai desa yang maju dan mandiri serta berkeadilan sosial,”Tutupnya ( Iwan Taruna )

Categories: Pemerintahan