Tumpukan Jan kos Sawit Terbakar, Api Nyaris Merembet Ke Rumah Warga

EKSPOST.COM – Diduga api berasal dari puntung rokok, mengakibatkan tumpukan Jan- jangan Kosong (Jan Kos) sawit di tepi jalan terbakar, api nyaris merembet ke pemukiman warga.

Beruntung Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) cepat tiba di lokasi kebakaran sehingga api yang sempat membesar yang sempat menghanguskan pagar dan rumput kering di di sekitar lokasi depan rumah warga berhasil dipadamkan.

Peristiwa ini terjadi di Desa Semundam, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Selasa (10/10/2023), sekira pukul 13. 00 WIB. Diduga api berasal dari puntung rokok yang tidak sengaja dibuang oleh oknum tepat mengenai tumpukan Jankos tersebut dan mengakibatkan Jankos sawit yang kondisinya sudah hampir kering terbakar.

Pada saat kebakaran terjadi atau sebelum mobil memadamkan tiba di lokasi, tampak hadir Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades beserta perangkat desa Semundam dan Mundam Marap dan beberapa masyarakat beserta wartawan melakukan pemadaman menyiram api dengan air menggunakan selang air kecil, namun api yang menyala membakar Jan jangan kosong sawit itu tidak bisa padam.

Namun setelah mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dengan gerak cepat langsung melakukan pemadaman hingga api yang menyala membakar jan-jangan kosong sawit tersebut berhasil dipadamkan.

Kepala Desa Semundam, Amril Mukmin, usai kebakaran berhasil dipadamkan, saat dikonfirmasi memberikan himbauan kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan pembakaran sampah juga di lokasi lahan kebun masyarakat.

“Kita juga menghimbau kepada perokok supaya tidak membuang puntung rokok sembarangan di tengah musim kemarau sehingga tidak menimbulkan kebakaran seperti yang baru saja terjadi,” himbau Kades.

Sementara itu, Babinsa Desa Semundam, Serka Ismail juga menghimbau kepada masyarakat khususnya di ke amatan Ipuh, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan guna menghindari agar kebakaran tidak terjadi lagi

“Kemudian kepada kawan-kawan yang ada di Pemerintah Desa Semundam, agar lebih aktif lagi memantau aktifitas warganya masing- masing sehingga tidak terjadi lagi kebakaran seperti yang terjadi barusan,” ujar Ismail.

Pada kesempatan itu, Bhabinkamtibmas Desa Semundam, Brigpol Haris F, juga menghimbau kepada masyarakat Desa Semundam agar lebih berhati- hati dan bersama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran.

“Kami dari Kepolisian Polsek Mukomuko Selatan, Polres Mukomuko menghimbau kepada masyarakat di Desa Semundam untuk lebih waspada dan tidak membakar sampah dan lahan juga tidak membuang puntung rokok sembarangan sehingga kebakaran tidak terulang lagi seperti yang baru saja terjadi.” Pungkas Brigpol Haris F. (AS).

Author: Redaksi Ekspost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *